10 Sistem Pendidikan Menengah Terbaik Di Dunia

Negara-negara itu memiliki perekonomian yang stabil dan memelihara standar hidup yang tinggi, yang akhirnya menghasilkan tenaga kerja yang terdidik. Jika generasi selanjutnya dibekali dengan kemampuan membaca, matematika dan sains yang kuat, mereka akan mampu berkompetisi dalam dunia saat ini yang dikendalikan teknologi. Dengan memikirkan hal itu, kami telah mengambil berbagai fakta dan angka dari National Center on Education and the Economy (NCEE) untuk membuat sebuah daftar negara-negara yang menyediakan sistem pendidikan menengah terbaik di dunia. (Catatan Penerjemah: NCEE adalah LSM yang bergerak dalam analisa kebijakan dan pengembangan organisasi pendidikan di Amerika). Anda mengira anda lebih pintar dari seorang pelajar kelas 1 SMA? Kecuali anda berasal dari 10 negara ini, kelihatannya kami ragu.

10. Selandia Baru

Selandia Baru mungkin tidak memiliki peringkat setinggi negara-negara lainnya di daftar ini, tapi masih disertakan dalam daftar ini karena melakukan perbaikan dalam pencapaian peringkat. Sebagai contoh, dari tahun 2012 ke 2015 negara ini naik dari peringkat 13 ke 10 dalam kemampuan membaca, dari peringkat 18 ke 12 dalam ilmu pengetahuan, dan dari peringkat 23 ke 21 dalam matematika. Baiklah, yang terakhir itu agak…memalukan. Akan tetapi, dalam tahun-tahun belakangan pemerintah telah menjalankan sebuah reformasi besar-besaran yang berfokus pada peningkatan pengembangan profesional dari para guru dan juga mendorong kolaborasi. Ada juga fakta lucu: populasi domba di Selandia Baru melebihi jumlah populasi manusia dengan rasio hampir 8:1. Ini sama sekali tak ada hubungannya dengan artikel ini, tapi anda tak akan mampu membantah jika hal itu sangatlah impresif.

9. Belanda

Belanda memiliki sebuah sistem pendidikan yang sangat unik, yang tidak memiliki pembanding. Sebagai contoh, setiap individu atau organisasi – swasta, publik, keagamaan – diperbolehkan untuk membuka sekolah sendiri dan semuanya menerima jumlah pendanaan yang sama dari pemerintah. Lebih lanjut, mereka memiliki otonomi penuh dalam proses penerimaan siswanya dan bebas untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri sepanjang mereka memenuhi pedoman-pedoman dari pemerintah dan menyediakan aspek-aspek tertentu yang diwajibkan. Selain bebas biaya, pendidikan universal juga dimulai pada umur 4 tahun. Semua itu tentunya membuahkan hasil: para pelajar di sini memiliki peringkat 11 di dunia dalam matematika dan peringkat 15 dalam membaca dan ilmu pengetahuan.

8. Estonia

Mengingat Estonia memiliki banyak hal yang harus dikejar setelah mendapatkan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada 1991, sesuatu yang mengagumkan bahwa sistem pendidikan mereka tidak hanya setara dengan negara-negara industri, tapi dalam banyak aspek bahkan lebih baik. Dibandingkan negara-negara Uni Eropa, Estonia berperingkat teratas dalam ilmu pengetahuan dan ada di urutan ketiga dalam membaca. Sebuah faktor penting yang telah membantu ekonomi Estonia tumbuh 10 kali lipat setelah memperoleh kemerdekaannya adalah konsentrasi mereka pada generasi mudanya, dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan teknologi-tinggi dan berkeahlian tinggi. Sebagai hasilnya, negara ini telah menjadi semacam hub IT.

7. Kanada

Rakyat Kanada mungkin punya aksen konyol, tapi anak-anak mereka sangat pintar, ada di peringkat kedua dunia soal membaca, peringkat 7 untuk ilmu pengetahuan dan 10 dalam matematika, menurut data terkini. Sebagian besar kesuksesan negara ini terletak pada cara mereka mendesentralisasi sistem pendidikannya, dengan masing-masing pemerintah pada 100 provinsi dan 3 wilayahnya bertanggungjawab atas pengembangan kurikulum dan menentukan pioritas-pioritas pendidikan yang terbaik untuk rakyatnya. Yang khususnya menarik tentang prestasi akademik diantara para para pelajar di Kanada ialah anda tak akan menemukan banyak disparitas dalam nilai-nilai akademik terkait status rasial, etnik atau sosial-ekonomi, sesuatu yang kontras dengan tetangganya di selatan.

The post 10 Sistem Pendidikan Menengah Terbaik Di Dunia appeared first on Brain Berries.



Contributer Brain Berries https://ift.tt/36BYtqh

10 Sistem Pendidikan Menengah Terbaik Di Dunia 10 Sistem Pendidikan Menengah Terbaik Di Dunia Reviewed by mimisabreena on Thursday, January 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Sponsor

Powered by Blogger.