8 Fakta Mengejutkan Galaksi Kita Bimasakti (Milky Way) Yang Wajib Anda Ketahui

Saat Anda bersekolah, mungkin tata surya matahari adalah pelajaran yang sangat menarik bagi Anda. Namun mungkin Anda belum sempat mengetahui lebih banyak fakta menarik mengenai galaksi yang menaungi tata surya kita tersebut, yaitu galaksi Bimasakti.

Milky Way atau Bimasakti adalah galaksi yang menaungi tata surya matahari termasuk Bumi. Anda bisa memotret keindahan gugusan galaksi Bimasakti di beberapa tempat di Indonesia seperti gunung Bromo, Segara Anakan, dan Ranu Kumbolo. Namun pemandangan tersebut hanyalah sebagian kecil Milky Way. Karena sebenarnya galaksi tersebut sangat luas, sekitar 100.000 hingga 180.000 tahun cahaya. So, kali ini kami akan menyajikan 8 fakta mengejutkan Milky Way yang wajib Anda ketahui. Then, let’s go deeper!

1. Nama Galaksi Bimasakti dan Milky Way Sama-Sama Terinspirasi dari Legenda Kuno

Dalam bahasa Indonesia, nama galaksi tempat Bumi bernaung adalah Bimasakti, sedangkan dalam bahasa Inggris bernama Milky Way. Faktanya, sejarah terciptanya nama Bimasakti sangat berbeda dengan versi bahasa Inggrisnya. Apa sih perbedaannya?

Nama Milky Way pertama-kali dicetuskan oleh bangsa Yunani dengan sebutan galaxias kyklos atau milky circle. Berdasarkan mitos Yunani, nama Milky Way terjadi saat air susu Dewi Hera tumpah di langit malam saat menyusui Hercules.

Sedangkan asal-mula nama Bimasakti tercipta karena legenda pewayangan di mana orang Jawa kuno melihat susunan bintang-bintang di langit membentuk gambar Bima dililit ular naga. Maka terciptalah nama galaksi Bimasakti.

Versi internasional dan bumi pertiwi sebenarnya berbeda banget. Namun sama-sama terinspirasi dari legenda kuno. Apakah Anda pernah mendengar cerita detailnya?

2. Galaksi Bimasakti Dikelilingi Debu dan Gas

Yang unik di Bimasakti adalah, galaksi tersebut tersusun oleh 10-15% gas dan debu, sedangkan sisanya adalah bintang. Akibatnya, beberapa teleskop tidak bisa memetakan galaksi Bimasakti secara tepat karena terhalang oleh debu dan gas. Namun hal itu dapat diatasi berkat penemuan teleskop inframerah seperti contohnya Spitzer Space Telescope. Teleskop mahal itu bisa menembus debu dan gas sehingga dapat melihat kejadian di galaksi secara jelas.

3. Galaksi Bimasakti Berbentuk Spiral dan Bergerak Melengkung

Berdasarkan penelitian para astronom, Bimasakti merupakan galaksi berbentuk spiral dan dikelilingi oleh 4 perisai utama. Selain itu, penemuan terbaru mengungkapkan bahwa Bimasakti bergerak melengkung dan terpelintir, seperti membentuk huruf S.

Sebenarnya Bimasakti bukanlah galaksi satu-satunya yang bergerak melengkung dan berbentuk spiral. Masih banyak galaksi yang memiliki ciri-ciri mirip dengan Bimasakti. Salah satu kembaran Bimasakti adalah Kepler-90 yang berjarak sekitar 2.500 tahun cahaya.

The post 8 Fakta Mengejutkan Galaksi Kita Bimasakti (Milky Way) Yang Wajib Anda Ketahui appeared first on Brain Berries.



Contributer Brain Berries https://ift.tt/3cNFDQm

8 Fakta Mengejutkan Galaksi Kita Bimasakti (Milky Way) Yang Wajib Anda Ketahui 8 Fakta Mengejutkan Galaksi Kita Bimasakti (Milky Way) Yang Wajib Anda Ketahui Reviewed by mimisabreena on Tuesday, April 28, 2020 Rating: 5

No comments:

Sponsor

Powered by Blogger.