Bikin Nostalgia, Inilah 8 Permainan Unik di Indonesia Sebelum Mengenal Gadget

Apakah Anda pernah bermain gobak sodor? Atau mungkin mainan klasik bola bekel? Jika pernah, pasti Anda kangen ya memainkannya lagi? Selain gobak sodor dan bola bekel, masih banyak lagi lho permainan unik yang sempat booming di Indonesia. Kali ini kami akan membahas tentang 8 permainan unik di Indonesia sebelum mengenal gadget. Ada permainan apa saja? Check it out below.

1. Gobak Sodor

Jika membahas permainan unik, maka yang ada di daftar pertama adalah gobak sodor. Permainan ini sangat menarik dan unik hingga tidak mungkin kita lewatkan begitu saja. Gobak sodor merupakan permainan menggunakan lapangan berpetak dan ada 2 tim yaitu tim penjaga dan tim masuk di mana masing-masing tim terdiri dari 3 hingga 5 orang. Jika tim masuk tidak bisa melewati tim penjaga, atau hanya disentuh saja, maka tim masuk akan kalah dan peran kedua tim akan berganti, yang jaga jadi masuk dan sebaliknya.

Permainan seru ini berasal dari Jawa Tengah dan sangat populer sebelum gadget tiba. Bahkan saat gadget sudah tiba, gobak sodor masih populer dan dimainkan di Pekan Olahraga Perempuan (POP) pada tahun 2018.

Berdasarkan analisa psikologis, permainan gobak sodor sangat bagus untuk melatih kerjasama antar tim agar tidak kalah dari tim lawan. Selain itu, fisik dan mental Anda juga akan semakin terlatih agar bisa menangkap atau lolos dari tim lawan. Apakah Anda tertarik memainkan gobak sodor?

2. Lompat Tali

Apakah Anda pernah bermain lompat tali? Kalau Anda lahir di era 1970 hingga 1990-an, kemungkinan besar Anda pernah memainkannya deh! Biasanya tali yang digunakan terbuat dari beberapa karet yang disusun menjadi panjang, tidak perlu membeli tali di toko. Permainan lompat tali biasanya membutuhkan 3 hingga 5 orang untuk bermain, dua orang yang mengayunkan tali, dan 1 sampai 3 orang yang melompati tali.

Asal permainan seru ini sebenarnya bukan dari Indonesia, namun diperkirakan berasal dari benua Eropa. Di Indonesia, permainan ini sudah populer banget sebelum gadget dan smartphone tiba. Sepertinya saat ini sudah jarang banget anak-anak di perkotaan yang bermain lompat tali. Mereka sudah sibuk dengan gadget masing-masing, padahal permainan ini seru banget lho. Coba deh kalau bosan sama gadget, mainkan lompat tali bersama keluarga, pasti menyenangkan deh!

3. Tamiya

Zaman dulu, bermain balap mobil tidak perlu membeli mobil sungguhan, cukup membeli mobil rakitan bernama Tamiya dan Anda sudah bisa merasakan adrenalin layaknya bermain balap mobil sungguhan! Tamiya sebenarnya sebuah merek mobil rakit mini 4WD, namun saking terkenalnya merek asal Jepang itu menjadi sangat populer di Indonesia saat era 1990-an.

Permainan balap mobil Tamiya dipopulerkan anime ‘Dash! Yonkuro’ yang tayang di TVRI pada tahun 1990-an. Anime itu mengisahkan tentang sekelompok anak- anak yang hobi balapan mini 4WD. Sedangkan di Indonesia, merek atau perusahaan yang membuat mobil rakitan mini 4WD adalah Tamiya. Sejak itu, Tamiya menjadi populer di kalangan bocah-bocah, bahkan pria dewasa di Indonesia.

Tamiya ada banyak banget desain dan jenisnya, seperti Magnum Saber yang merupakan jenis yang cukup populer. Lalu ada juga Sonic Saber, Beat Magnum, Black Saber, Ray Stinger, dan masih banyak lagi lainnya. Di toko mobil rakit mini 4WD juga biasanya disediakan trek untuk balapan. Siapa yang berhasil masuk garis finish duluan, dia yang menang! Jadi ingin beli mainan mobil rakit mini 4WD lagi deh.

The post Bikin Nostalgia, Inilah 8 Permainan Unik di Indonesia Sebelum Mengenal Gadget appeared first on Brain Berries.



Contributer Brain Berries https://ift.tt/2Yh9Bsa

Bikin Nostalgia, Inilah 8 Permainan Unik di Indonesia Sebelum Mengenal Gadget Bikin Nostalgia, Inilah 8 Permainan Unik di Indonesia Sebelum Mengenal Gadget Reviewed by mimisabreena on Wednesday, April 29, 2020 Rating: 5

No comments:

Sponsor

Powered by Blogger.